Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam yang Diperbaharui

Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam yang Bisa Diperbaharui di Indonesia, Baca di Sini!

Sumber: Detikcom

Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa diperbaharui merupakan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan terus menerus dihasilkan, baik oleh alam itu sendiri atau melalui bantuan manusia. 

Meski demikian, penggunaan sumber daya alam yang bisa diperbaharui ini perlu diperhatikan dengan sangat baik. Sebab, kesalahan dalam menggunakan sumber daya alam jenis ini bisa mengakibatkan kerugian. Contohnya, terjadi pencemaran lingkungan terhadap air dan udara yang akan mengakibatkan hilangnya manfaat yang bisa didapatkan dari air maupun udara tersebut. 

Adapun yang tergolong sumber daya alam yang bisa diperbaharui antara lain hidrosfer (sungai, danau, waduk, laut) serta atmosfer (angin, suhu, kelembaban, curah hujan, sinar matahari, bulan). Lantas, bagaimana potensi dan persebaran sumber daya alam di Indonesia? 

Mengutip dari modul Geografi 2 Kelas XI (2007), berikut ini penjelasan tentang potensi dan persebaran sumber daya alam yang bisa diperbaharui di Indonesia :

Air Sungai

Sumber: Bola.com

Sungai adalah sumber daya alam yang bisa diperbaharui yang sangat penting dan mendukung kehidupan manusia. Sungai dimasa lalu banyak digunakan oleh masyarakat sebagai sarana komunikasi dan transportasi sehingga tidak heran banyak permukiman yang berkembang di sekitar sungai. 

Contohnya, sungai – sungai yang berada di wilayah Pulau Kalimantan (Sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Mahakam), serta di Pulau Kalimantan (Sungai Musi, Sungai Batanghari, Sungai Indragiri).

Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai lokasi wisata seperti untuk lokasi arung jeram (Sungai Cimandiri di Sukabumi, Jawa Barat) sehingga mendatangkan pendapatan bagi masyarakat sekitarnya. 

Atau sungai juga berfungsi sebagai penyedia air untuk kebutuhan rumah tangga. Beberapa sungai besar yang memiliki potensi besar di Pulau Jawa antara lain Sungai Citarum, Cimanuk, Serayu, dan Bengawan  Solo. 

Danau Dan Waduk

Sumber: Superlive.id

Fungsi danau dan waduk adalah sebagai pengatur sungai terutama pada saat hujan agar air sungai tidak meluap, tempat rekreasi, tempat olahraga air, pembangkit tenaga listrik, pengairan bagi lahan pertanian, sumber air bersih, meningkatkan cadangan air tanah akibat proses resapan, serta tempat budidaya ikan tawar. 

Beberapa danau dan waduk yang cukup potensial di Indonesia antara lain Waduk Jatiluhur, Cirata, Saguling, Kedung Ombo, Danau Batur, Toba, Maninjau, Singkarak, Kerinci, Ranau, Luar, Bekuan, Jempang, Semayang, Riam Kanan, Poso, Matana, Towuti, Tempe, Limboto, Tondano, dan Panjai. 

Laut

Sumber: Bola.com

Laut adalah sumber daya alam yang bisa diperbaharui yang bisa menghasilkan berbagai jenis ikan yang sangat kaya akan protein hewani. Laut bisa dimanfaatkan secara terus menerus hingga batas waktu yang tidak ditentukan jika memanfaatkannya disesuaikan dengan laju pertumbuhan ikan. 

Baca juga: Pulau Pribadi di Indonesia yang Cocok untuk Berlibur

Angin

Sumber: Quipper

Angin adalah sumber daya alam yang bisa diperbaharui yang dihasilkan karena adanya perbedaan tekanan udara akibat perbedaan penyinaran matahari dan sifat batuan. Angin yang berfungsi sebagai penampung berbagai gas atau unsur yang dibutuhkan tentu sangat membantu kehidupan manusia. 

Suhu, Kelembapan Udara, Dan Sinar Matahari

Sumber: Tribun Jabar

Sinar matahari sangat mempengaruhi suhu dan juga kelembaban udara. Semakin tinggi sinar matahari menyinari permukaan bumi, maka akan semakin tinggi pula suhu udara relatifnya. Adapun untuk kelembapan udara sangat dipengaruhi oleh uap air di sekitarnya. 

Bulan

Sumber: Wikipedia

Bulan juga termasuk sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena kemampuan memantulkan sinar matahari sehingga mampu menerangi permukaan bumi meski memang tidak seterang matahari. Sumber daya alam yang bisa diperbaharui ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah gravitasinya sehingga menyebabkan adanya pasang dan surut air laut. 

Baca juga: 5 Indikator Negara Berkembang, Apa Saja Ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *