Mengenal Beragam Arti Bunga Matahari

Mengenal Beragam Arti Bunga Matahari, Filosofis Banget!

Sumber: Wikipedia

Kamu tentunya pernah kan melihat bunga matahari? Hampir sebagian orang menyukai bunga cantik berdiameter besar dengan warna kuning ini. Mulai dari anak – anak, remaja, dewasa, hingga mereka yang sudah lanjut usia baik laki – laki atau perempuan. 

Mereka mungkin menyukai bentuk bunga matahari, atau menyukai warna dan wanginya. Namun tentunya setiap tanaman bunga memiliki cara masing – masing untuk bisa menarik perhatian para peminatnya. Meski sudah banyak pernah melihat bunga matahari secara langsung, namun ada juga yang belum pernah melihatnya sama sekali karena keberadaannya memang tidak sebanyak bunga mawar atau melati. 

Bunga matahari merupakan tumbuhan semusim dan termasuk suku kenikir – kenikiran (Asteraceae). Selain populer sebagai camilan kuaci, bunga matahari juga sangat terkenal sebagai tanaman penghasil minyak dan tanaman hias di halaman rumah. 

Bernama latin Helianthus annuus L, bunga matahari memiliki ciri khusus yaitu setiap kali berbunga selalu bergerak mengikuti arah cahaya matahari. Sayangnya, bunga matahari tidak mampu hidup bertahun – tahun, karena biasanya hanya berumur 6 – 8 bulan saja. Saat bunga dan biji tua matahari sudah tidak lagi menghasilkan bunga, maka tanaman ini lama kelamaan akan mati. 

Selain itu, terdapat fakta menarik lainnya yang dimiliki bunga matahari, yakni memiliki arti tertentu. Lantas, apa arti dari bunga matahari ini? Simak ulasan berikut ini !

Bunga Matahari Simbol Energi Positif

Sumber: Kompas.com

Bunga matahari dilambangkan sebagai filosofi yang akan menghasilkan energi positif. Bunga ini merupakan cerminan matahari yang mampu menerangi sekaligus menghangatkan kehidupan. Selain itu, bunga matahari juga kuat dan tidak mudah rapuh dalam berbagai kondisi cuaca, sehingga manusia diharapkan dapat meniru kekuatan tanaman ini. 

Bunga Matahari Simbol Lambang Persatuan

Sumber: Kompas.com

Dilihat dari bentuknya, bunga matahari merupakan bunga majemuk yang terdiri ratusan bunga atau bahkan jumlahnya ribuan. Karena hal itulah, banyak yang mengartikan bunga matahari sebagai lambang kebersamaan dan kesatuan yang membuatnya kuat. 

Bunga Matahari Simbol Kegembiraan Dan Keceriaan

Sumber: Liputan6.com

Bunga matahari memiliki bentuk yang unik dan cantik, selain itu warnanya juga sangat cerah. Karena itulah, bunga matahari disimbolkan sebagai suasana kegembiraan dan keceriaan. Melalui warna cerah tersebut, bunga matahari ingin mengajarkan kepada manusia bahwa hidup harus dijalani dengan kegemberiaan dan keceriaan. 

Bunga Matahari Simbol Idealisme Dan Kesetiaan

Sumber: Media Pemalang – Pikiran Rakyat

Sesuai namanya, bunga matahari memang selalu bergerak menghadap ke arah matahari. Contohnya, bunga matahari akan menghadap ke timur pada pagi hari, dan akan berputar ke arah barat pada sore hari. Pergerakan bunga matahari tersebut disebut fototropisme yang kemudian menjadi simbol idealisme dan kesetiaan. 

Baca juga: Mari Kita Mengenal Asal-usul Imlek

Bunga Matahari Simbol Rasa Semangat Dan Optimis

Sumber: Banten Net

Sebagaimana yang sudah disampaikan diatas bahwa warna bunga matahari sangat cerah yang menggambarkan kegembiraan. Namun selain itu, ternyata warna cerah yang dimiliki bunga matahari juga menjadi simbol rasa semangat dan optimisme bagi kehidupan. 

Bunga Matahari Simbol Persahabatan

Sumber: Bobo.id – Grid.id

Meski memiliki bentuk yang cantik dengan warna yang cerah dan terang, namun bunga matahari tidak dijadikan simbol percintaan atau romantisme. Justru bunga matahari ini dijadikan simbol persahabatan dan persaudaraan yang bersifat universal. 

Bunga Matahari Simbol Makna Kekayaan Palsu

Sumber: Dekoruma

Di Spanyol, masyarakatnya memiliki cerita yang menggambarkan bahwa jika para penjajah Eropa yang datang ke Eropa beranggapan jika bunga matahari terbuat dari emas murni. Dari cerita itulah, akhirnya bunga matahari menjadi simbol kekayaan yang semu atau palsu.

Baca juga: Baca Berita IDN Times dari IDN App, Praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *