Categories: Berita

Aturan Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan New Normal

Aturan Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan New Normal. Simak di Sini!

Sumber: Pemprov Kalbar

Saat pandemi belum usai, pemerintah menyebut new normal atau kenormalan baru, khususnya cara hidup yang Anda dituntut untuk beradaptasi dengan keberadaan virus tersebut. New Normal ini juga memiliki beberapa protokol kesehatan yang harus diikuti untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. 

Setiap aspek kehidupan berubah, termasuk Anda yang ingin mengadakan pesta pernikahan. Dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmdagri) No 40-830 Tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru, pemerintah daerah berwenang membubarkan resepsi pernikahan new normal, jika tidak mengikuti protokol kesehatan.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan resepsi pernikahan Anda, berikut beberapa prosedur kebersihan yang harus Anda ikuti. 

Jumlah tamu terbatas

Sumber: Website Resmi Kab Pringsewu

Untuk akad pernikahan dan pemberkatan dibatasi hingga 20 persen hingga maksimal 30 persen dari kapasitas tempat. Oleh karena itu, akad atau restu hanya dipatuhi oleh keluarga terdekat. Untuk pesta pernikahan, hanya tersisa 50% dari kapasitas ruangan, hal ini memungkinkan  para tamu untuk menjaga jarak. 

Harus cek suhu

Sumber: BBC

Sebelum memasuki ruang resepsi, setiap orang harus diperiksa suhu tubuhnya. Bukan hanya untuk tamu, tapi untuk semua orang yang terlibat, mulai dari calon pengantin, keluarga, panitia, hingga setiap karyawan vendor.  

Sediakan tempat untuk cuci tangan

Sumber: SidoarjoKab

Sebagai tuan rumah, Anda juga dapat meminta agar gedung menyediakan tempat untuk mencuci tangan, selain kamar kecil. Ini memudahkan pelanggan untuk mencuci tangan. 

Perias, penghulu dan wedding planner wajib memakai masker, sarung tangan dan penutup wajah

Sumber: Kompas.com

 Agar lebih aman, untuk tata rias, penghulu dan penyelenggara pernikahan harus menggunakan masker dan sarung tangan. Bahkan lebih aman menggunakan face shield, sehingga saat berinteraksi masih ada jarak.  

Tidak ada salam-salaman

Sumber: Kota Serang

Seperti yang Anda ketahui bersama, resepsi pernikahan merupakan acara yang penting. Biasanya, para tamu menunggu dalam antrean panjang untuk berjabat tangan dengan orang tua pengantin wanita. 

Namun, di masa pandemi seperti ini, sebaiknya jangan berjabat tangan. Jika ingin mengucapkan selamat,  tidak dilakukan dengan menyentuh. Kalaupun ada antrean, harus ada jarak antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. 

Para tamu dapat menghadiri virtual

Sumber: Hot Liputan6.com

Jika Anda ingin membatasi jumlah tamu yang hadir, Anda juga dapat memilih opsi untuk tamu  virtual. Rahasianya adalah Anda harus menyewa layar LED, laptop dan, tentu saja, pastikan Internet lancar.  

Perhatikan jadwal pemuatan

Sumber: Liputan6.com

Penjual juga perlu memperhatikan waktu bongkar muat, agar tidak harus membongkar dalam waktu bersamaan. Setiap penjual harus punya waktu untuk mengantri secara bergantian. 

Ikuti tes rapid test

Sumber: BBC

 Jika memungkinkan, juga dapat memberikan layanan check-in cepat sebelum dimulainya acara. Tentu saja, ini berarti menghabiskan banyak uang, tetapi juga penting untuk memastikan bahwa acara berlangsung dengan aman. Anda dan pasangan pasti akan tenang. 

Tekankan kembali pentingnya selalu menjaga protokol kesehatan

Sumber: Regional Kompas.com

Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar pihak penyelenggara terus mempertegas pentingnya  menjaga protokol kesehatan bagi seluruh tamu yang hadir di resepsi pernikahan. 

Tidak ada salahnya memberikan penanda di area acara untuk mengingatkan Anda untuk menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker dengan benar. Pastikan juga setiap penyedia jasa pernikahan wajib membersihkan semua alat yang digunakan dengan cara disinfektan secara rutin. Disarankan agar staf di resepsi pernikahan biasa harus sering mencuci tangan. 

Ini adalah beberapa aturan ketat dari new normal dalam hal resepsi pernikahan new normal. Diharapkan dengan mengikuti semua protokol kesehatan dalam segala aspek kehidupan Anda, penyebaran virus corona dapat dicegah.

Baca juga: 7 Kapal Pesiar Mewah Milik Indonesia

Sumber: https://beritakubaru.com/

ramdanhamdi9@gmail.com

Share
Published by
ramdanhamdi9@gmail.com

Recent Posts

Destinasi Wisata Bali, Pesona Pulau Dewata yang Tiada Tara!

Bali, pulau surga di Indonesia, telah lama menjadi tujuan impian para wisatawan dari seluruh dunia.…

1 week ago

Cara Mengatasi Panic Attack, Solusi untuk Mengendalikan Kecemasan!

Pernahkah kamu merasakan jantung berdebar kencang, sesak napas, dan rasa takut yang luar biasa secara…

3 weeks ago

Letusan Gunung Ruang, Kronologi Erupsi April 2024!

Pernahkah kamu mendengar letusan dahsyat yang menggelegar di langit Sulawesi Utara? Letusan Gunung Ruang yang…

4 weeks ago

Tips Mengatasi Susah Tidur, Solusi untuk Tidur Nyenyak!

Pernahkah Anda merasa frustasi karena sulit tidur? Jam sudah menunjukkan tengah malam, tapi mata Anda…

1 month ago

Apa Itu Red Flag dalam Hubungan, Bisa Jadi Toxic!

"Red flag" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tanda atau indikator yang menunjukkan adanya masalah…

2 months ago

7 Tips Menabung Harian, Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Menabung harian adalah langkah penting dalam mengelola keuangan pribadi dan membangun kestabilan finansial jangka panjang.…

2 months ago