Categories: Resep

5 Makanan Khas Lombok Timur yang Wajib Dicoba !


Haridunia.com – Tidak hanya wisata alamnya saja yang indah, namun makanan khas Lombok juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari pulau itu, terutama bagi pecinta kuliner. Dijamin bakal rindu liburan di Lombok!

Lombok memang sangat populer di kalangan wisatawan berkat wisata pantainya yang eksotis juga keindahan bawah lautnya yang bakal membuat pengunjung terpukau. Selain panorama dan keindahan alamnya, ada satu hal lagi yang tidak boleh terlupakan dari Lombok, yaitu aneka kuliner tradisionalnya. Makanan khas Lombok memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan masakan khas Bali, terutama dari digunakannya rempah rempah dan cita rasanya yang tajam.

Setiap kawasan di Lombok memiliki ciri khas makanan tersendiri, seperti kuliner khas Lombok Timur ini. Terdapat beberapa makanan khas Lombok Timur yang wajib dicoba ketika kamu dan keluarga berlibur di kawasan itu. Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan khas Lombok Timur yang wajib dicoba, diantaranya yaitu : 

1. Plecing Kangkung

Makanan khas Lombok Timur ini terbuat dari kangkung yang direbus, lalu disajikan dingin dengan sesendok sambal spesial sebagai pelengkapnya. Selain itu juga biasanya plecing kangkung ditemani sayuran lain seperti tauge, buncis, juga kelapa parut. Kangkung yang digunakan dalam makanan khas ini juga bukan kangkung biasa, namun kangkung khas Lombok yang memiliki ukuran batang besar besar. 

2. Sate Pusut

Sate pusut merupakan makanan khas Lombok Timur yang terbuat dari daging sapi ataupun daging ikan laut. Masyarakat Lombok Timur lebih sering menggunakan ikan tenggiri. Cara pembuatan sate pusut akan berbeda tergantung pada daging yang digunakannya. 
Jika menggunakan daging sapi, maka dagingnya harus diiris iris terlebih dahulu lalu direndam dalam bumbu rempah. Namun, jika menggunakan ikan, maka daging ikannya itu harus dihaluskan terlebih dahulu hingga teksturnya benar benar menjadi lembut. 


Baca Juga : Rekomendasi 8 Tempat Kuliner di Jogja Terpopuler

3. Sayur Ares

Sayur Ares merupakan makanan khas Lombok Timur yang menggunakan bahan dasar ares atau pelepah pisang yang masih muda. Ares yang telah dipilih kemudian diolah dan dijadikan sayur yang disajikan bersama kuah santan. 
Makanan khas Lombok Timur ini memiliki cita rasa yang gurih dan agak menyerupai kari khas Indonesia. Pada zaman dahulu, sayur ares merupakan makanan tradisional suku sasak (suku mayoritas di Lombok) yang dijadikan sebagai hidangan istimewa ketika acara tertentu misalnya acara pernikahan. 

4. Bebalung

Bebalung merupakan makanan khas Lombok Timur yang diyakini sebagai makanan penambah tenaga dan vitalitas. Arti tersebut diambil dari istilah “Bebalung” yang bermakna “tenaga” dalam bahasa Sasak. 
Bebalung merupakan makanan khas yang menggunakan bahan dasar tulang iga sapi. Sekilas Bebalung ini sangat mirip dengan gulai atau soto daging. Bebalung tidak hanya menggunakan iga sapi saja, namun juga terbuat dari iga kerbau. 
Bebalung akan semakin nikmat disantap jika dihidangkan ketika masih hangat. Biasanya penyajian makanan khas ini dilakukan dalam mangkok yang ditemani nasi putih, plecing, juga sambal. 

5. Sate Rembiga

Lombok Timur tidak hanya memiliki sate pusut saja, namun ada juga sate rembiga yang rasanya tidak kalah enak. Sate rembiga merupakan sate yang menggunakan bahan dasar daging sapi. Daging sapi yang digunakan dalam makanan khas Lombok Timur ini harus ditumbuk terlebih dahulu supaya teksturnya menjadi empuk. Lalu, direndam kedalam bumbu bumbu khusus selama dua jam sebelum ditusuk dan dipanggang. 

nah, itulah ulasan terkait makanan khas lombok timur yang enak dan wajib kamu coba, siapin yuk bujetnya !

ramdanhamdi9@gmail.com

Share
Published by
ramdanhamdi9@gmail.com

Recent Posts

Cara Mengatasi Panic Attack, Solusi untuk Mengendalikan Kecemasan!

Pernahkah kamu merasakan jantung berdebar kencang, sesak napas, dan rasa takut yang luar biasa secara…

6 hours ago

Letusan Gunung Ruang, Kronologi Erupsi April 2024!

Pernahkah kamu mendengar letusan dahsyat yang menggelegar di langit Sulawesi Utara? Letusan Gunung Ruang yang…

1 week ago

Tips Mengatasi Susah Tidur, Solusi untuk Tidur Nyenyak!

Pernahkah Anda merasa frustasi karena sulit tidur? Jam sudah menunjukkan tengah malam, tapi mata Anda…

2 weeks ago

Apa Itu Red Flag dalam Hubungan, Bisa Jadi Toxic!

"Red flag" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tanda atau indikator yang menunjukkan adanya masalah…

1 month ago

7 Tips Menabung Harian, Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Menabung harian adalah langkah penting dalam mengelola keuangan pribadi dan membangun kestabilan finansial jangka panjang.…

1 month ago

5 Fakta Cerezo Osaka, Rumah Klub Bola Baru Justin Hubner

Cerezo Osaka, klub sepak bola asal Jepang yang kini menjadi persinggahan pemain muda Indonesia, Justin…

2 months ago