Categories: Doa

Doa Mandi Junub Dan Tata Cara Mandi Junub Yang Benar


Sebagai seorang muslim kita harus mengikuti peraturan yang benar dan sesuai Syariah agama. Dengan mengikuti Syariah agama kita akan lebih bertawakal kepada Allah dan selalu dapat pahala. Jadi jangan hanya sekedar dan tidak tahu lebih dalam mengenai kaidah islam dan apa saja peraturannya. Kebanyakan orang tidak tahu kaidah islam meliputi seluruh bagian kehidupan. Bukan hanya tentang shalat dan mengaji. Seluruh bagian kehidupan manusia sudah tertera di Al Quran termasuk mengenai mandi junub. Ada orang yang masih saja, yang penting mandi, maka akan sah untuk melakukan shalat dan membaca Al-quran. Padahal sudah tertera dalam surah Al-maidah ayat 6 yang memiliki arti “Dan jika kamu junub, mandilah kamu”. Dengan ayat tersebut berarti mandi junub benar adanya.

Mandi junub sendiri memang harus dibedakan dari mandi biasanya karena Ketika mandi biasa tidak perlu membaca doa. Sedangkan Ketika mandi junub kita harus membaca doa mandi junub. Doa mandi junub ada dua yaitu mandi junub setelah melakukan hubungan jinabah dan mandi junub untuk selesai nifas dan haid. Nah untuk doa mandi junub setelah jinabah adalah “Bismilahirohmanirohim, nawaitul ghusla lirafil hadatsil akbar minal jannabati fardlon lollahi taa’ala” artinya dengan menyebut nama Allah, saya niat mandi untuk menghilangkan hadast besar dari jinah, fardlu karena Allah Ta’ala. Kemudian untuk doa mandi junub setelah selesai nifas dan haid adalah “ Bismillahirohmanirohin nawaitu ghusla lirafil hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta’ala: artinya dengan menyebut nama Allah aku niat mandi junub untuk menghilangkan hadast besar karena nifas fardlu karena Allah ta’ala. 

Sesuai hadist Rasululah SAW ada tata cara yang lebih baik dilakukan untuk mandi junub. Memang dengan membaca doa junub saja sudah membuat kita sah dalam mandi junub. Tetapi dengan mengkuti sunah, kita akan mendapatkan pahala dari mandi junub. Pastinya kita juga mengikuti ajaran yang dianut Nabi Muhammad. Berikut tata cara mandi junub yang bisa anda ikuti:

ramdanhamdi9@gmail.com

Share
Published by
ramdanhamdi9@gmail.com

Recent Posts

Destinasi Wisata Bali, Pesona Pulau Dewata yang Tiada Tara!

Bali, pulau surga di Indonesia, telah lama menjadi tujuan impian para wisatawan dari seluruh dunia.…

5 days ago

Cara Mengatasi Panic Attack, Solusi untuk Mengendalikan Kecemasan!

Pernahkah kamu merasakan jantung berdebar kencang, sesak napas, dan rasa takut yang luar biasa secara…

2 weeks ago

Letusan Gunung Ruang, Kronologi Erupsi April 2024!

Pernahkah kamu mendengar letusan dahsyat yang menggelegar di langit Sulawesi Utara? Letusan Gunung Ruang yang…

3 weeks ago

Tips Mengatasi Susah Tidur, Solusi untuk Tidur Nyenyak!

Pernahkah Anda merasa frustasi karena sulit tidur? Jam sudah menunjukkan tengah malam, tapi mata Anda…

4 weeks ago

Apa Itu Red Flag dalam Hubungan, Bisa Jadi Toxic!

"Red flag" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tanda atau indikator yang menunjukkan adanya masalah…

2 months ago

7 Tips Menabung Harian, Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Menabung harian adalah langkah penting dalam mengelola keuangan pribadi dan membangun kestabilan finansial jangka panjang.…

2 months ago